4 Model Kegiatan Membaca

Teman-Teman Guru MIT NURI yang super… Berikut ini saya kirimkan tulisan dari teman-teman Dompet Dhuafa untuk materi Fun Reading Activities. Jika ada dari taman-teman atau sekolah lain yang butuh penerapan di kelas atau komunitas pembelajaran boleh hubungi saya ya…. selamat membaca dan mempraktekkan ya…

KEGIATAN MEMBACA LANTANG

Sebelum membaca lantang
1. Perlihatkan sampul bukunya
a. Ajukan pertanyaan tentang sampul buku.
> Apa yang bisa kalian lihat dari gambar ini ?
> Apa yang sedang mereka lakukan ?
> Menurut kalian, siapa tokoh-tokoh dalam cerita ini ?
b. Ajukan pertanyaan yang mengaitkan gambar sampul dengan kehidupan.
> Pernahkah kalian melihat________?
> Kalian punya______ di rumah?
c. Ajukan 2-3 pertanyaan prediksi
> Menurut kalian, apa yang akan terjadi di cerita ini?
> Menurut kalian, apa yang terjadi pada tokoh di cerita ini
2. Perkenalkan buku (judul, nama pengarang, nama ilustrator)
3. Perkenalkan 1-3 kata baru
4. Ajukan 1-2 pertanyaan tentang gambar di halaman perrtama (jika gambar itu menarik).

Selama membaca
1. Bacalah perlahan dan jelas dengan ekspresi dan gerakan
2. Perlihatkan beberapa gambar utama dari cerita
3. Ajukan 2-3 pertanyaan prediksi

Setelah membaca lantang
1. Ajukan pertanyaan tentang hal yang tejadi di dalam cerita? Siapa? Apa? Dimana?Kapan?
2. Tinjau bagian-bagian utama cerita.
> Apa yang terjadi pertama kali?
> Apa yang terjadi berikutnya?
> Apa yang terakhir terjadi?
3. Ajukan 1-2 pertanyaan “Mengapa”
> Mengapa… (tokoh)?
4. Mintalah siswa melakukan gerakan/tindakan atau suara-suara yang menarik dari cerita yang dibaca

KEGIATAN MEMBACA BERSAMA

Sebelum Membaca Bersama
1. Perlihatkan sampul bukunya
a. Ajukan pertanyaan tentang sampul buku.
> Apa yang bisa kalian lihat dari gambar ini ?
> Apa yang sedang mereka lakukan ?
> Menurut kalian, siapa tokoh-tokoh dalam cerita ini ?
b. Ajukan pertanyaan yang mengaitkan gambar sampul dengan kehidupan.
> Pernahkah kalian melihat________?
> Kalian punya______ di rumah?
c. Ajukan 2-3 pertanyaan prediksi
> Menurut kalian, apa yang akan terjadi di cerita ini?
> Menurut kalian, apa yang terjadi pada tokoh di cerita ini
2. Perkenalkan buku (judul, nama pengarang, nama ilustrator)
3. Perkenalkan 1-3 kata baru
4. Ajukan 1-2 pertanyaan tentang gambar di halaman perrtama (jika gambar itu menarik).

Selama Membaca (Pertama)
1. Bacalah perlahan dan jelas dengan ekspresi dan gerakan
2. Perlihatkan beberapa gambar utama dari cerita
3. Ajukan 2-3 pertanyaan prediksi

Setelah membaca
1. Ajukan pertanyaan tentang hal yang tejadi di dalam cerita? Siapa? Apa? Dimana?Kapan?
2. Tinjau bagian-bagian utama cerita.
> Apa yang terjadi pertama kali?
> Apa yang terjadi berikutnya?
> Apa yang terakhir terjadi?
3. Ajukan 1-2 pertanyaan “Mengapa”
> Mengapa… (tokoh)?
4. Mintalah siswa melakukan gerakan/tindakan atau suara-suara yang menarik dari cerita yang dibaca

Selama Membaca Bersama (Kedua)
1. Minta siswa duduk berkelompok, terdiri dari 2-4 siswa per-kelompok
2. Ajak siswa untuk membaca bersama dan berpartisipasi dalam membaca
3. Baca bukunya untuk kedua kalinya, berikan aba-aba saat akan membalik halaman
4. Mintalah siswa untuk membaca ulang kata kata dan kalimat menarik bersama anda
5. Mintalah siswa melakukan peragaan dan menirukan suara-suara bersama anda
6. Kumpulkan buku-buku yang sudah dibaca dari tiap kelompok

KEGIATAN MEMBACA BERPASANGAN

SEBELUM MEMBACA BERPASANGAN
1. Mintalah siswa untuk mencari teman dan duduk bersama
2. Mintalah siswa menunjukan jenjang buku
3. Mintalah 4-5 kelompok pasangan untuk secara bergiliran dan dengan tenang mencari buku untuk dibaca bersama

SELAMA MEMBACA BERPASANGAN
1. Berjalanlah berkeliling ruang, dan periksa apakah siswa sedang membaca berpasangan
2. Dengarkan bagaimana siswa membaca dan sanjung usaha mereka
3. Gunakan aturan 5 jari untuk memeriksa siswa yang kesulitan membaca

SETELAH MEMBACA BERPASANGAN
1. Mintalah siswa kembali duduk bersama dilantai dengan tenang
2. Mintalah 3-4 pasangan siswa untuk berbagi cerita tentang buku yang dibaca
3. Siswa-siswa mengembalikan buku ke rak

KEGIATAN MEMBACA MANDIRI

SEBELUM MEMBACA MANDIRI
1. Mintalah beberapa siswa untuk menunjukkan jenjang buku yang dapat mereka baca
2. Katakan kepada mereka bahwa mereka dapat bertanya kepada anda atau siswa lain untuk membantu membaca kata-kata sulit
3. Mintalah kelompok yang terdiri dari 6-8 siswa untuk memilih buku secara bergiliran

SELAMA MEMBACA MANDIRI
1. Berjalanlah berkeliling ruang, dan periksa apakah siswa sedang membaca
2. Dengarkan bagaimana siswa membaca dan sanjung usaha mereka
3. Gunakan aturan 5 jari untuk memeriksa siswa yang kesulitan membaca
4. Amati dan bantu siswa untuk membalik halaman dengan benar

SETELAH MEMBACA MANDIRI

1. Mintalah siswa untuk dengan tenang kembali duduk bersama dilantai
2. Mintalah 3-4  siswa untuk berbagi cerita tentang buku yang dibaca.
3. Untuk tiap siswa ajukan 3-4 pertanyaan tentang buku yang sudah dibaca.
4. Siswa-siswa mengembalikan buku ke rak.